Friday, August 07, 2009

bahasa SEO

SEO dan Bahasa Pemrograman

Ditulis oleh : Teknik SEO Indonesia
Dipublikasikan pada : April 7th, 2008

Salah satu aspek yang sering terlewatkan ketika kita menyusun strategi SEO adalah bahasa pemrograman yang dipakai untuk membangun website. Masing-masing bahasa pemrograman memiliki karakteristik yang spesifik. Misalnya HTML menggunakan sekumpulan protokol tertentu untuk mengendalikan tampilan visual yang muncul di halaman browser, sementara PHP menggunakan kumpulan protokol yang sama sekali berbeda. Kebanyakan orang akan langsung mengasosiasikan bakasa pemrograman website dengan HTML. Kenyataannya ada banyak bahasa pemrograman lainnya yang juga sering dipergunakan dalam membangun website, dan masing-masing memerlukan strategi SEO yang sesuai.

JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan perancang website membuat komponen website yang dinamis, meskipun demikian sering tidak disukai mesin pencari. Pada kenyataannyapada kebanyakan kasus JavaScript menghentikan perjalanan crawler dalam menjelahi isi website. Jika ini terjadi, akibatnya ranking yang rendah atau malah sama sekali tidak di-index.

Untuk mengakalinya, banyak perancang website menggunakan teknik eksternalisasi semua kode JavaScript yang dipergunakan pada halaman website. Dengan eksternalisasi, kode JavaScript dijalankan dari lokasi yang berebeda dengan halaman websitenya sendiri. Teknik eksternalisasi ini cukup sederhana:

  1. Kopi semua kode JavaScript kemudian tempatkan pada satu file baru.
  2. Beri nama file tersebut dengan ekstensi .js. Misalnya namafile.js.
  3. Upload ke server web.
  4. Buat referensi dari halaman website untuk mengakses kode JavaScript dari file eksternal. Bentukannya adalah sebagai berikut:

Kadang-kadang ada orang yang menggunakan JavaScript untuk menyembunyikan teks atau link dari mesin pencari. Meskipun banyak crawler terhenti oleh keberadaan JavaScript, mereka dapat mengidentifikasi dan membaca isi yang disembunyikan. Pastiakn anda tidak menggunakan teknik ini, karena beresiko dianggak sebagai upaya mengelabui (spam) mesin pencari.

No comments:

Post a Comment